SEJARAH KOMPUTER PERTAMA KALI

SEJARAH KOMPUTER PERTAMA KALI

Bagaimana sejarah komputer pertama kali ditemukan ?

Bila ada yang bertanya tentang ini, jawabannya itu rasanya mudah tapi susah untuk diucapkan karena cukup banyak sekali klasifikasi yang berbeda yang mengarah pada komputer itu sendiri. Secara garis besarnya sih komputer yang pertama itu diawali dengan  mesin komputasi otomatis sampai mengarah pada komputer hari ini.

Kapan pertama kali kata “Komputer” digunakan ?

Kata “komputer” pertama kali tercatat digunakan pada tahun 1613 dan awalnya digunakan untuk menggambarkan seseorang yang melakukan calculations ataucomputations. Definisi komputer tetap sama sampai akhir abad ke-19 ketika mulai mengacu ke mesin yang melakukan perhitungan.

Saat kapan Komputer mekanis pertama atau konsep mesin komputasi otomatis dibuat ?

Pada tahun 1822, Charles Babbage bertujuan dan mulai mengembangkan Difference Engine, dianggap sebagai mesin pertama komputasi otomatis yang mampu menghitung beberapa set angka dan membuat hasilnya berupa hard copy. Sayangnya, karena keterbatasan dana yang ia miliki, ia tidak mampu untuk menyelesaikan versi fungsional skala penuh dari mesin ini. Pada bulan Juni 1991, Museum Sains London menyelesaikanDifference Engine No. 2 sebagai tahun dua abad kelahiran Babbage dan kemudian menyelesaikan mekanisme pencetakan pada tahun 2000.
Kemudian, pada tahun 1837 Charles Babbage mengusulkan pertama komputer mekanik umum, Analytical Engine. Analitik Mesin berisi sebuah Arithmetic Logic Unit (ALU), kontrol aliran dasar, dan memori yang terintegrasi dan merupakan yang pertama kali konsep komputer dibuat untuk umum (general-purpose). Sayangnya, karena masalah pendanaan komputer ini juga pernah dibangun saat Charles Babbage masih hidup. Pada tahun 1910, Henry Babbage, putra bungsu Charles Babbage mampu menyelesaikan sebagian dari mesin ini dan mampu melakukan perhitungan dasar.
Kapan pertama kali komputer diprogram ?
Z1, awalnya dibuat oleh Konrad Zuse yang merupakan orang Jerman pada tahun 1936-1938 dan dianggap menjadi komputer (modern) pertama yang diprogram biner elektro-mekanis dan benar-benar komputer fungsional pertama.

Kapan pertama kali komputer diprogram dengan bantuan listrik ?

Colossus adalah komputer pertama yang diprogram dengan bantuan listrik dan dikembangkan oleh Tommy Flowers dan pertama kali ditunjukkan pada bulan Desember 1943. Colossus diciptakan untuk membantu pemecah kode Inggris membaca pesan terenkripsi Jerman.

Kapan pertama kali Komputer digital dibuat ?

ABC yang merupakan kepanjangan dari Atanasoff-Berry Computer mulai dikembangkan oleh Profesor John Vincent Atanasoff dan mahasiswa pascasarjanaCliff Berry pada tahun 1937 dan terus dikembangkan sampai tahun 1942 di Iowa State College (sekarang Iowa State University). ABC adalah komputer listrik yang menggunakan tabung vakum untuk perhitungan digital termasuk biner matematika dan Boolean logika yang tidak memiliki CPU. Pada tanggal 19 Oktober 1973, US Federal Hakim Earl R. Larson menandatangani keputusannya bahwa paten ENIAC olehEckert dan Mauchly tidak sah dan Atanasoff-lah yang disahkan sebagai penemu komputer digital elektronik pertama.
ENIAC diciptakan oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly di University of Pennsylvania dan mulai dibangun pada 1943 dan tidak selesai sampai 1946. Mesin ini besarnya sekitar 1.800 meter persegi dan digunakan sekitar 18.000 tabung vakum, beratnya hampir 50 ton. Meskipun Hakim memutuskan bahwa komputer ABC adalah komputer digital pertama, banyak yang masih menganggap ENIAC sebagai komputer digital pertama karena itu berfungsi penuh.

Kapan pertama kali program komputer disimpan ?

Komputer British awalnya yang dikenal sebagai EDSAC ini dianggap sebagai komputer elektronik pertama yang dapat menyimpan program secara elektronik. Komputer ini melakukan perhitungan pertamanya pada tanggal 6 Mei 1949 komputer ini dapat menjalankan permainan yang telah memiliki kemampuan grafis pertama yang dijuluki“Baby”.
Pada tahun yang berbeda disampaikan pula oleh Pemerintah Amerika Serikat pada tahun 1950, UNIVAC 1101 atau ERA 1101 dianggap sebagai komputer pertama yang mampu menyimpan dan menjalankan program dari memori.

Kapan pertama kali Perusahaan komputer dibuat ?

Perusahaan komputer pertama adalah Electronic Controls Company yang didirikan pada tahun 1949 oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly, individu yang sama yang membantu menciptakan komputer ENIAC. Perusahaan ini kemudian berganti nama menjadi EMCC atau Eckert-Mauchly Computer Corporation dan merilis serangkaian komputer mainframe dengan nama UNIVAC.

Kapan pertama kali Komputer dikomersialkan ?

Pada tahun 1942, Konrad Zuse mulai bekerja pada Z4, yang kemudian menjadi komputer komersial pertama setelah dijual ke Eduard Stiefel yang merupakan seorang matematikawan dari Federal Institute of Technology Zurich Swiss pada 12 Juli 1950.

Kapan Komputer PC pertama dibuat ?

Pada tanggal 7 April 1953, IBM memperkenalkan kepada publik 701 yang merupakan komputer listrik pertama dan merupakan komputer pertama yang dproduksi secara massal. Kemudian IBM memperkenalkan komputer pribadi pertama yang disebut IBM PC pada tahun 1981. Komputer tersebut juga memiliki kode nama dan terkadang masih  disebut sebagai Acorn dan memiliki prosesor 8088, 16 KB dari memori, yang diperluas hingga 256 dan memanfaatkan MS-DOS.
Pada tahun 1975, Ed Roberts menciptakan istilah “komputer pribadi” ketika ia memperkenalkan Altair 8800. Meskipun komputer pribadi pertama dianggap oleh banyak orang sebagai Kenback-1, yang pertama kali diperkenalkan untuk $ 750 pada tahun 1971. Komputer mengandalkan serangkaian switch untuk memasukkan data dan data output dengan menghidupkan dan mematikan serangkaian lampu.
Micral ini dianggap menjadi komersial pertama komputer non-perakitan. Komputer menggunakan prosesor Intel 8008 dan dijual seharga $ 1.750 pada tahun 1973.

Kapan pertama kali komputer memiliki RAM ?

MIT memperkenalkan mesin Lesus pada tanggal 8 Maret 1955, yang merupakan sebuah komputer revolusioner yaitu komputer digital pertama dengan RAM inti magnetik dan grafis real-time.

Kapan pertama kalinya komputer menggunakan Transistor ?

TX-O (Transistorized Experimental computer) adalah komputer transistorized pertama yang didemonstrasikan di Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1956.

Kapan Komputer mini pertama dibuat ?

Pada tahun 1960, Digital Equipment Corporation merilis yang pertama dari banyak komputer PDP yaitu PDP-1.

Kapan PC yang pertama dipasarkan secara massal ?

Pada tahun 1968, Hewlett Packard mulai memasarkan massal PC pertamanya, HP 9100A.

Kapan munculnya Workstation pertama ?

Meskipun tidak pernah dijual, workstation yang dianggap pertama ini Xerox Alto, diperkenalkan pada tahun 1974. Komputer yang revolusioner untuk waktu dan termasuk komputer berfungsi penuh, tampilan, dan mouse. Komputer dioperasikan seperti banyak komputer hari ini memanfaatkan windows, Menu dan ikon sebagai antarmuka untuk sistem operasi.

Kapan Mikroprosessor pertama dibuat ?

Intel memperkenalkan mikroprosesor pertama, Intel 4004 pada tanggal 15 November 1971.

Kapan Laptop pertama atau komputer portabel dibuat ?

ibm5100IBM 5100 merupakan komputer portabel pertama, yang dirilis pada September 1975. Komputer seharga £ 55 ini memiliki layar CRT lima inci, tape drive, prosesor PALM 1.9MHz, dan 64KB RAM.
Komputer pertama yang benar-benar portabel atau laptop dianggap Osborne I, yang dirilis pada April 1981 dan dikembangkan oleh Adam Osborne. The Osborne I seharga £ 24,5, memiliki layar 5 inci, 64 KB memori, dua 5 1/4 “drive floppy, berjalan pada sistem operasi CP / M 2.2, termasuk modem, dan biaya US $ 179.
IBM Divisi PC (PCD) kemudian merilis IBM portabel pada tahun 1984, ini pertama komputer portabel yang beratnya di di £ 30. Kemudian pada tahun 1986, IBM mengumumkan PCD itu komputer laptop pertama, PC Convertible, seberat 12 kilogram. Akhirnya, pada tahun 1994, IBM memperkenalkan IBM ThinkPad 775CD, notebook pertama dengan CD-ROM terintegrasi.

Komputer dari perusahaan Apple pertama

Steve Wozniak merancang Apple pertama yang dikenal sebagai I komputer Apple pada tahun 1976.

Kapan PC Clone pertama ?

Compaq Portable dianggap clone PC pertama dan rilis Maret 1983 oleh Compaq. Compaq Portable adalah 100% kompatibel dengan komputer IBM dan mampu menjalankan perangkat lunak yang dikembangkan untuk komputer IBM.

Komputer multimedia pertama

Pada tahun 1992, Tandy Radio Shack menjadi salah satu perusahaan pertama yang merilis komputer berdasarkan standar MPC dengan diperkenalkan dari M2500 XL / 2dan komputer M4020 SX.

Perusahaan Komputer pertama

Di bawah ini adalah daftar dari beberapa komputer dari perusahaan komputer besar pertama.
Compaq – Pada bulan Maret tahun 1983, Compaq merilis komputer pertama dan pertama 100% komputer IBM kompatibel “Portable Compaq“.
Dell – Pada tahun 1985, Dell memperkenalkan komputer pertama, “Turbo PC“.
Hewlett Packard – Pada tahun 1966, Hewlett Packard merilis komputer pertama umum, yang “HP-2115“.
NEC – Pada tahun 1958, NEC membangun komputer pertama yang “NEAC 1101“.
Toshiba – Pada tahun 1954, Toshiba memperkenalkan komputer pertama, “TAC” komputer digital.

Sumber :https://sejarahkom.wordpress.com/2013/06/04/bagaimana-sejarah-komputer-pertama-kali-ditemukan/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Sertifikat Melalui Microsoft Word 2007

Tipe Data,Variabel Dan Operator pada C#

CARA KERJA SISTEM KOMPUTER