Penjelasan tentang protokol jaringan, TCP/IP, dan OSI

Protokol Jaringan

Protokol Jaringan adalah suatu tata cara/ aturan yang mengatur komunikasi beberapa komputer di dalam sebuah jaringan.Semua jenis jenis jaringan komputer menggunakan protokol. Protokol Jaringan diibaratkan sebagai bahasa komunikasi antar komputer dalam jaringan

Fungsi Protokol yaitu sebagai penghubung didalam komunikasi data/ informasi sehingga proses penukaran data atau informasi tersebut dapat berjalan dengan baik.

Berikut Jenis – Jenis Protokol Jaringan :

1.      Protocol Ethernet
2.      Protocol Local Talk
3.      Protokol Token Ring
4.      Protokol Fiber Distributed Data Interface

1. Protocol Ethernet adalah protokol yang paling banyak digunakan . Metode akses yang digunakan Ethernet disebut CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection). Sistem ini menjelaskan bahwa setiap komputer memperhatikan ke dalam kabel dari network sebelum mengirimkan sesuatu ke dalamnya

2. Protokol Local Talk adalah Protokol yang dikembangkan oleh Apple Computer untuk Komputer Macintosh. Cara yang digunakan oleh Local Talk disebut CSMA / CA (Carrier Sense Multiple Access dengan Collision Avoidance). Ia hampir sama dengan CSMA / CD kecuali komputer memberi sinyal sebelum data akan dikirim

3. Protokol Token Ring adalah protokol yang dikembangkan oleh perusahaan IBM pada pertengahan tahun 1980-an. Cara masuknya (access method) menggunakan cara pengiriman informasi di dalam suatu lingkaran.

4. Protokol Jaringan Fiber Distributed Data Interface (FDDI) adalah protokol yang merupakan satu protokol jaringan terutama untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan area lokal, untuk meliputi wilayah yang jauh jaraknya.



Pengertian tentang TCP/IP

TCP/IP (Transmision Control Protokol /Internet Protokol ) merupakan standart komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet proses tukar menukar data dari suatu komputer lain  di dalam jaringa internet protokol ini merupakan protokol yang paling banyak digunakan .protokol ini bersifat portable yang berarti protokol ini cocok untuk menghubung kan sistem-sistem yang bebeda.

TCP/IP mengimplementasikan arsitektur berlapis yang terdiri atas empat lapis.
Macam-macam layer TCP/IP:
1)    Network Access : berfungsi mendefinisikan  protokol-protokol dan hardware-hardware yang  digunakan dalam  pengiriman data.
Protokol : ethernet pada LAN,PPP pada WAN dan Frame Relay.
2)    Internet : internet layer memiliki fungsi sebagai penyedia fungsi IP Addressing routing, dan menentukan path terbaik.
Protokol : TCP/IP.
3)    Transport : berfungsi menyediakan servis yang akan digunakan oleh aplication layer.
Protokol : TCP dan UDP.
4)    Application : berfungsi menyediakan servis-servis  terhadap software yang berjalan pada kompuer.
 Protokol : HTTP,FTP,POP3,SMTP.dll.

OSI
(Open System  Interconnection)

OSI adalah standar komunikasi yang diterapkan di dalam jaringan komputer yang dikembangkan oleh Badan International Organization of Standardization (ISO) di wilayah Eropa pada tahun 1977. Standar itulah yang menyebabkan seluruh alat komunikasi dapat saling berkomunikasi melalui jaringan. Model OSI biasa disebut dengan model “Model Tujuh Lapis OSI” .

 Model Layer OSI dibagi dalam dua group: “upper layer” dan “lower layer”
Lower layer adalah intisari komunikasi data melalui jaringan actual.
Meliputi: phisycal layer, data link layer, dan network layer.
sedangkan Upper Layer adalah bagaimana file direpresentasikan di komputer.
Meliputi: Transport Layer, Session Layer, Dan Network Layer.

OSI memiliki 7 struktur lapisan:

1)    Physical : berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan metode pensignyalan dan pengkabelan.

2)    Data link : berfungsi untuk menentukan bagaimana  bit-bit data dikelompokan menjadi format yang disebut sebagai frame.dan menentukan bagaimana perangkat-perangkat jaringan seperti Hub,bridge,repeater dan switch layer 2 beroprasi.spesifikasi IEEE 802,membagi level ini menjadi dua level,yaitu:
•        Lapisan Logikal Link Control (LLC)
•        Lapisan Media Access Control(MAC)

3)    Network : berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP dan kemdian melakukan routing melalui router dan switch layer.

4)    Transport : berfungsi untuk memecah data kedalam paket-paket data serta memberika nomor urut kepaket tersebu dan dapat  membuat tanda bahwa paket diterma dengan sukes dan mentransmisikan ulang pada data yang hilang ditengah jalan.


5)    Session : berfungi untuk mendeifinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat dipelihara atau dihancurkan,dan juga dilakukan resolusi nama .

6)    Presentasion : berfungsi untuk mentranslisasikan data yang hendak ditrnasmisikan oleh aplikasi kedalam format yang dapat ditrnasmisikan melalui jaringan.
7)    Aplikasi : berfungsi sebagai antar muka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan ,dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan.



Protokol pada setiap 7 lapisan layer
1.     Protokol physical : pensignyalan dan pengkabelan
2.     Protokol data link : 802.11a/b/c/d
3.     Protokol network : IP,ARP
4.     Protolol transport : UDP,TCP
5.     Protokol session : NETBIOS,NETBEUI, ADSP PAP,SPDU,RCP
6.     Protokol presentation : perangkat lunak redirektor seperti layana work sation (windows NT) network shell (Virtual network completing) Remot Deskop Protokol (RDP)
7.     Protokol aplication : HTTP,FTP,SMTP,dan NFS





 Sekian Dan Terima Kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Sertifikat Melalui Microsoft Word 2007

Tipe Data,Variabel Dan Operator pada C#

CARA KERJA SISTEM KOMPUTER